Patch Version 1.3 Belum Mampu Talangi Masalah Lag Skyrim

Posted by sepi Rabu, 07 Desember 2011 0 komentar

Patch Version 1.3 Belum Mampu Talangi Masalah Lag Skyrim
Bethesda masih terus berupaya keras mencari jalan keluar untuk bug yang terus menghinggapi The Elder Scrolls V: Skyrim versi PlayStation 3. Pasalnya, semenjak pertama kali diluncurkan, Skyrim sudah dipenuhidengan bug yang membuat permainan pun menjadi kurang nyaman. Mulai dari lag yang mulai semakin parah setelah dimainkan beberapa lama, sampai dengan framerate yang menurun secara drastis dan tidak bisa kembali normal lagi. Tidak lama kemudian, Bethesda mengeluarkan sebuah patch (Version 1.2) yang dinyana bisa memperbaiki semua bug tersebut. Hasilnya? Bug yang berhasil dihilangkan tidak terlalu banyak dan malah timbul bug lain yang lebih unik lagi. Bug tersebut adalah bug yang menyebabkan naga di Skyrim terbang mundur.
So, baru-baru ini telah diumumkan satu patch baru dari Bethesda, Version 1.3. Tapi dengan patch baru ini pun, ternyata ada satu masalah yang masih bersikeras hinggap di Skyrim, yakni lag yang akan semakin gawat seiring semakin lamanya kamu memainkan game tersebut. Satu-satunya solusi yang ada sekarang hanyalah, sering-sering restart konsol kalau tidak mau merasakan lag saat bermain dan tentu saja itu bukanlah solusi yang bagus karena bisa dipastikan akan menghilangkan rasa antusias gamer pada game ini. Apalagi, banderol game ini juga lumayan tinggi, yakni US$60 dan juga merupakan salah satu game yang telah lama ditunggu-tunggu oleh gamer.

Sayangnya, masalah ini ternyata tidak bisa dibereskan di Version 1.3. Dalam sebuah update yang dikeluarkan di postingan resmi Bethesda Blog, disebutkan kalau Version 1.2 ini bisa menyelesaikan masalah lag, tapi hanya pada konsol tertentu saja. Lalu bagaimana nasib mereka yang masih terus dihadapkan dengan masalah lag ini? Gamer yang masih bermasalah dengan lag ini telah dihubungi oleh Bethesda dengan harapan mereka bisa mencoba mencari apa yang menjadi sumber masalahnya.
“Sekarang ini kami tahu kalau masalah ini bukan hanya satu masalah, tapi justru merupakan sebuah kombinasi dari masalah-masalah kecil yang dilihat oleh beberapa gamer, tapi ada yang tidak dialami oleh orang lain,” tulisnya. “Beberapa masalah ini tampaknya berakar dari fitur auto-save yang ada di PS3, ada yang bermasalah dengan update SPU AI dan ada beberapa yang berhubungan dengan alokasi memory dinamis. Semua perbaikan ini tidak ada di update terbaru, Version 1.3 yang sedang dalam tahap pengujian akhir, tapi akan ada di update masa mendatang.”

“Kami mengerti betapa frustrasi rasanya saat permainan kamu mengalami masalah dan kami berterima kasih pada kalian atas masukan yang terus menerus dan juga kesabaran para gamer. Tenang saja, kami tetap menghadapi masalah gaming kalian dengan serius dan akan terus mencoba mencari solusi untuk masalah ini sampai benar-benar tuntas.”
Sebenarnya masalah ini bukan kali pertama terjadi di dunia game. Sebelumnya, masalah serupa pernah menimpa Fallout 3 dan Fallout: New Vegas yang merupakan game Bethesda. Tapi untuk New Vegas, pada akhirnya dikembangkan oleh Obsidian Entertainment. Karena hal inilah, Josh Sawyer dari Obsidian pun sempat mencoba memberikan penjelasan mengenai apa yang menyebabkan masalah ini. Salah satu penjelasannya terkait masalah lag adalah karena PS3 memiliki sistem penyimpanan memory yang terbagi menjadi dua bagian dan hal ini pun akhirnya menjadi penyebab kenapa para developer tidak bisa menggunakan memory tersebut secara fleksibel. Belum lagi, masalah seperti ini juga membutuhkan waktu yang sangat lama untuk bisa dibereskan, tidak bisa dibereskan hanya dengan satu kedipan mata saja.

Nah, kapan kira-kira Version 1.3 ini akan diluncurkan? Untuk sementara, Bethesda masih belum mengumumkannya, tapi seharusnya akhir minggu ini sudah diluncurkan. Mungkin, Version 1.3 ini ditujukan untuk memperbaiki jalur penerbangan naga yang salah itu. Namun, walaupun game ini banyak memiliki masalah yang menyebalkan, bukan berarti lantas pamor gamenya turun. Justru, Skyrim merupakan salah satu game yang paling populer di Steam dan Xbox Live semenjak diluncurkan. Tapi, bukan berarti Bethesda harus bertenang diri. Masalah ini tetap harus dibereskan secepat mungkin supaya gamer tidak lantas meninggalkan game tersebut karena dianggap bermasalah. Klikers yang telah memainkan game ini, apakah ada yang berhadapan dengan masalah naga terbang atau lag yang parah?

0 komentar:

Posting Komentar